Kamis, 08 Januari 2009

Implementasi Manajemen Pengetahuan

Dalam teknologi informasi, knowledge atau pengetahuan bagi suatu organisasi atau perorangan diartikan sebagai kepemilikan atas informasi atau kemampuan menempatkan informasi dengan cepat.

Knowledge management (KM) atau manajemen pengetahuan adalah sebuah nama yang menunjuk pada sebuah konsep pada sebuah organisasi yang meliputi proses pengaturan, pertukaran, analisis dan penyebaran pengetahuan dari sumber pengetahuan yang ada seperti dokumen dan keahlian personal setiap orang didalam organisasi tersebut. Knowledge management juga dianggap sebuah bidang baru dalam dunia bisnis yang mencakup kombinasi kumpulan proses, struktur organisasi, aplikasi dan teknologi yang kemudian digunakan untuk membangkitkan pengetahuan setiap SDM dalam organisasi.

Kultur teknologi dan informasi didalam sebuah organisasi sering ditempatkan secara tidak seimbang sehingga seringkali dianggap sebagai suatu masalah baru dalam sebuah organisasi. KM secara aktif membantu membentuk kedua kultur tersebut secara tepat dan mempunyai manfaat yang berarti bagi kemajuan organisasi. KM membawa pada pemanfaatan dan efektifitas sumber daya yang terdapat didalam sebuah organisasi dengan menempatkan teknologi informasi sebagai alat bantuannya. Didamping itu, KM juga yang menghadirkan pertukaran informasi yang bermanfaat bagi sebuah organsasi dan seluruh komponen yang terdapat didalamnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar